Penulis Utama : Tri Idawati
NIM / NIP : K8111068
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan  mengurutkan pola   pada anak kelompok A TK Pertiwi 03 Kaling Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pertiwi 03 Kaling Tasikmadu Karanganyar yang berjumlah24 anak. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga alur kegiatan  yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pratindakan dengan persentase ketuntasan sebesar 37,5%, meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan mencapai 62,5%, dan meningkat pada siklus II persentase ketuntasan anak meningkat menjadi 79,16%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan pola.

 

×
Penulis Utama : Tri Idawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8111068
Tahun : 2018
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola melalui Metode Demonstrasi pada Kelompok A TK Pertiwi 03 Kaling Tasikmadu Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8111068-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.