Penulis Utama : Widyaloka Intan Anindhita
NIM / NIP : K7414056
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar setelah diterapkannya pendekatan KooperatifTwo Stay-Two Stray dengan berbantu media powtoon pada siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Pelaksanaan PTK terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan terdiri dari 32 orang siswa 6 laki-laki dan 26 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.Validitas data diuji menggunakan validitas isi untuk pengujian data tes dan triangulasi metode untuk pengujian data non tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.Tindakan dinyatakan berhasil apabila terdapat 75?ri siswa memiliki nilai diatas 76 atau dinyatakan tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan dan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan kooperatifTwo Stay-Two Stray dengan berbantu media powtoon.Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang memliki nilai diatas kriteria ketuntasan minimal yaitu 76. Pada siklus pra-tindakan hanya ada 56?ri jumlah siswa yang memiliki nilai 76 atau hanya 18 siswa saja yang dinyatakan tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa tuntas sebesar 16% yaitu dari 56% ke 72% atau dari 18 siswa menjadi 23 siswa yang tuntas. Setelah siklus I dilaksanakan dan dilakukan perbaikan, tingkat ketuntasan yang diperoleh siswa kembali meningkat pada siklus II sebesar 12% yaitu dari 72% siswa tuntas ke 84% siswa yang tuntas atau dari 23 siswa menjadi 27 siswa yang tuntas. Peningkatan yang terjadi disebabkan oleh mulai digunakannya pendekatan kooperatif Two Stay-Two Stray dengan berbantu media powtoon pada siklus I dan diadakannya perbaikan pada sistem pembagian kelompok di siklus II. Simpulan penelitian ini yaitu pendekatan kooperatif Two Stay-Two Stray berbantu media powtoon dapat memperbaiki dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Widyaloka Intan Anindhita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414056
Tahun : 2018
Judul : Upaya Peningkatan Prestasi Belajar melalui Pendekatan Kooperatiftwo Stay-Two Stray (TS-TS) Berbantu Media Powtoon Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan SMK Kristen 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Akuntansi-K7414056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khresna Bayu Sangka, SE.,MM.,Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.