Penulis Utama : Winda Dwi Lestari
NIM / NIP : S441602012
×

Penelitian menfokuskan pada kajian poskolonial dan nilai budi pekerti pada novel   karya Soeratman Sastradihadja yang berjudul Katresnan, Soekatja dan Kantja Anjar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menjelaskan wacana poskolonial dalam novel Jawa karya Soeratman Sastradihardja, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Jawa karya Soeratman Sastradihardja, dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi nilai pendidikan budi pekerti dalam novel karya Soeratman Sastradihardja sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra Jawa di SMA .
Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen, informan dan pendapat ahli sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik analisis isi. Validitas data diperoleh dengan triangulasi data dan teori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap analisis data, dan tahap akhir.
Novel yang dianalisis dalam penelitian ini adalah novel karya Soeratman Sastradihadja yang berjudul Katresnan, Soekatja dan Kantja Anjar. Selanjutnya novel tersebut dianalisis menggunakan pendekatan poskolonial dan nilai pendidikan Budi Pekerti selanjutnya direlevankan dengan pembelajaran apresiasi sastra Jawa di SMA.
Hasil analisis poskolonial berupa wacana hegemoni, hibridasi, ambivalensi dan resistensi yang menjelsakan pengaruh kolonialisasi pada masa penjajahan Belanda yang terdapat daam karya sastra. Selanjutnya dianalisis nilai pendidikan budi pekertinya menggunakan 18 nilai pendidikan karakter.
Selanjutnya, hasil analisis akan digunakan sebagai referensi bahan ajar dalam pembelajaran apresiasi teks novel di SMA. Relevansi dalam pembelajaran teks novel di SMA tersebut mengacu pada Silabus Mata Pelajaran Bahasa Jawa untuk SMA/SMK/MA. Kompetensi Dasar (KD) pembelajaran teks novel, yaitu salah satunya menentukan unsur-unsur pembangun novel dan menyebutkan nilai pitutur luhur yang terdapat dalam novel.

 

×
Penulis Utama : Winda Dwi Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441602012
Tahun : 2018
Judul : Nilai Pendidikan Budi Pekerti Dalam Novel-Novel Karya Soeratman Sastradihardja Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra Jawa Di SMA (Pendekatan Poskolonial)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah-S441602012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Muhammmad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.