Penulis Utama : Maria Claudia Lestari Sibarani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3415045
Tahun : 2018
Judul : Analisis Tax Avoidance dan Tax Evasion pada Transaksi Pengalihan Hak atas Tanah dan Bangunan Oleh Wajib Pajak Sektor Usaha Real Estate (Studi Kasus pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Perpajakan- F3415045-2018
Subyek : TAX AVOIDANCE, TAX EVASION
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Permasalahan penelitian ini terkait dengan bentuk-bentuk penghindaran pembayaran pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB) yang dilakukan oleh pihak pengembang sektor real estate dan pihak konsumen. Hal ini diduga dipengaruhi oleh keinginan untuk membayar pajak sekecil mungkin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang bentuk penghindaran dan penggelapan pajak yang dilakukan secara legal dan ilegal berdasarkan perilaku dan penyebab pengembang sektor real estate serta konsumen di Badan Pendapatan Daerah Kota Bogor.
Untuk mengetahui bentuk-bentuk penghindaran dan penggelapan pajak secara legal dan ilegal oleh pihak pengembang sektor real estate dan konsumen, dilakukan dengan cara melihat bentuk pelanggaran yang telah terjadi selama tiga tahun terakhir yaitu Tahun 2015-2017 dan digolongkan menjadi bentuk tindakan penghindaran pajak dan penggelapan pajak secara legal dan ilegal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk penghindaran pajak yang dilakukan pihak pengembang sektor real estate dan konsumen setiap tahun terjadi kembali di tahun berikutnya seperti menggunakan surat kuasa jual, membeli property dengan nama berbeda. Sementara bentuk penggelapan pajak terkait dengan penurunan nilai transaksi jual beli dan merekayasa SSPD. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggaran yang dilakukan pihak pengembang sektor real estate dan konsumen dianggap sebagai suatu pembenaran yang rasional terjadi.

Kata Kunci: Pajak BPHTB, Wajib Pajak, Pengindaran Pajak, Penggelapan Pajak.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Trisninik Ratih Wulandari, SE., M.Si., Ak.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis