Penulis Utama : Akbar Dwi Anggoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114005
Tahun : 2018
Judul : Back Calculation Penentuan Nilai Modulus Elastisitas Batuan Limestone Berdasarkan Data Pengujian Pressuremeter (PMT)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Kolasi :
Sumber : Surakarta-F. Teknik, Program Studi Teknik Sipil-I0114005-2018
Subyek : BACK CALCULATION, MODULUS, LIMESTONE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Pressuremeter Test (PMT) adalah salah satu metode investigasi tanah secara insitu yang digunakan untuk mengetahui perilaku tekanan dan regangan dari tanah. Perilaku tekanan dan regangan tanah pada fase pseudo-elastis dapat digambarkan dengan parameter keluaran PMT berupa modulus presurremeter (EPMT). Sudah disadari sejak lama bahwa EPMT tidak dapat digunakan secara langsung untuk menggambarkan nilai modulus elastisitas atau modulus Young (E) dari tanah sehingga diperlukan suatu koreksi.
Menard dan Rousseau menyarankan agar digunakan Menard’s ? Factor dalam mengkoreksi nilai EPMT yang ditentukan secara empiris disesuaikan dengan jenis tanah, kondisi kepadatan, serta perilaku deformasi pada tanah atau batuan saat diberikan tekanan (sifat rheologi) sehingga diperlukan suatu studi terhadap perilaku PMT beserta nilai Menard’s ? Factor pada berbagai jenis sampel yang lebih spesifik, salah satunya adalah pada jenis batuan sedimen limestone. Pada penelitian ini akan dilakukan Back Calculation terhadap nilai E dari pengujian PMT pada batuan sedimen limestone dengan cara memodelkan ulang PMT menggunakan Metode Elemen Hingga (MEH). Back Calculation merupakan proses perhitungan ulang secara matematis dalam mengestimasi nilai suatu data dari kejadian beserta parameter-parameter terkait.
Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang bagus antara modulus elastisitas hasil dari PMT dengan modulus elastisitas dari dari back calculation. Faktor koreksi menard pada studi ini konsisten dengan hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yaitu sebesar 0.47 dimana nilai ini meningkat seiring dengan pertambahan kedalaman sampel uji.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
New Document_6.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusep Muslih Purwana, S.T., M.T., PhD.
2. Dr. Niken Silmi Silmi, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik