Penulis Utama : Sri Nur Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214048
Tahun : 2018
Judul : Kritik Sosial Dan Nilai Moral Dalam Novel Kumandanging Dwikora Karya Any Asmara serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra Jawa di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UUNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Jawa-K4214048-2018
Subyek : KRITIK SOSIAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur-unsur intrinsik dalam novel Kumandanging Dwikora karya Any Asmara; (2) kritik sosial yang termuat dalam novel Kumandanging Dwikora karya Any Asmara; (3) nilai-nilai moral yang termuat dalam novel  Kumandanging Dwikora karya Any Asmara; (4) relevansi novel Kumandanging Dwikora karya Any Asmara  sebagai materi ajar apresiasi sastra Jawa di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode kualitatif dan pendekatan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan teks novel Kumandanging Dwikora, buku dan artikel yang relevan dengan penelitian, serta hasil wawancara dengan ahli sastra Jawa, guru bahasa Jawa dan siswa kelas XI SMA. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Unsur-unsur intrinsik dalam novel Kumandanging Dwikora karya Any Asmara, yaitu tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, tema, dan amanat; (2) kritik sosial yang termuat dalam novel Kumandanging Dwikora karya Any Asmara, yaitu kritik mengenai masalah status sosial, kejahatan (pelecehan, kerja paksa, penganiayaan, dan pembunuhan), birokrasi (pemerintahan yang sewenang-wenang, berkhianat demi jabatan, dan kesenjangan sosial), perang dan emansipasi wanita; (3) nilai-nilai moral yang termuat dalam novel  Kumandanging Dwikora karya Any Asmara, yaitu nilai moral dalam hubungan manusia dengan alam (memelihara dan melestarikan alam), nilai moral dalam hubungan manusia dengan masyarakat (musyawarah, saling menghormati, saling memaafkan, ramah terhadap sesama, gotong royong, dan patuh terhadap adat),  dan nilai moral dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri (kejujuran, nilai-nilai otentik, bertangguung jawab, dan keberanian); (4) novel Kumandanging Dwikora karya Any Asmara relevan digunakan sebagai materi ajar apresiasi sastra Jawa di SMA khususnya kelas XI.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : JURNAL.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S, M.Pd
2. Astiana Ajeng Rahadini, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP