Penulis Utama : Mokh. Yahya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841602001
Tahun : 2018
Judul : Kajian kesalahan sintaksis Bahasa Tulis Pembelajar BIPA Level Akademik (Studi Kasus di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841602001-2018
Subyek : KAJIAN KESALAHAN SINTAKSIS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan tersebut yaitu (1) menjelaskan bentuk-bentuk  dan  kecenderungan  kesalahan  sintaksis  pembelajar  bahasa tulis BIPA level akademik, (2) menjelaskan  faktor penyebab munculnya kesalahan sintaksis bahasa tulis pembelajar BIPA level akademik, dan (3) menjelaskan cara mengatasi kesalahan sintaksis bahasa tulis pembelajar BIPA level akademik di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret.
Sumber data pada penelitian ini adalah informan, dokumen, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan   analisis   dokumen.   Validitas   data   dalam   penelitian   ini   menggunakan triangulasi teori, metode, dan sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan sintaksis pembelajar  BIPA  di  UPT  Bahasa  UNS  berupa  1)  kesalahan  preposisi,  2) kesalahan diksi, 3) kesalahan ejaan, 4) susunan frasa yang terbalik, 5) pengaruh bahasa asing, 6) kekeliruan penggunaan konjungsi, 7) kekeliruan bagian subjek,
8) kekeliruan bagian predikat, 9) kekeliruan bagian objek, 10) kesalahan penggunaan kolokasi, 11) kekeliruan susunan kalimat, 12) ambiguitas, 13) kalimat tidak logis, 14) kesalahan kata ganti, dan 15) urutan tidak paralel. Kecenderungan kesalahan sintaksis bahasa tulis pembelajar BIPA terletak pada penggunaan diksi yang tidak tepat, penggunaan ejaan yang salah, penggunaan konjungsi yang tidak tepat, penggunaan istilah asing,  penggunaan preposisi  yang kurang tepat, dan kalimat yang tidak berpredikat. Faktor internal penyebab kesalahan antara lain (1) penguasaan kosakata yang rendah, (2) latar belakang pendidikan yang ditempuh,
(3)  bahasa  pertama  yang  dikuasa,  dan  (4)  minat  dan  motivasi  yang  rendah. Adapun faktor eksternal penyebab kesalahan antara lain (1)   penyeleksian pembelajar bipa yang kurang ketat, (2)  materi pembelajaran yang luas, (3)  bahan ajar pembelajaran terlalu umum,  dan  (4)  penggunaan waktu dan tempat belajar yang kurang maksimal. Faktor internal penyebab kesalahan tersebut dapat diatasi dengan (1) pengayaan kosakata bahasa indonesia      dan  (2)  peningkatan  minat dan  motivasi  pembelajar.  Adapun  faktor  eksternal  penyebab  kesalahan  dapat diatasi dengan (1) perbaikan penyaringan atau penyeleksian pembelajar BIPA, (2) penyediaan   bahan   ajar   dan   materi   yang   sesuai   dengan   kebutuhan,   (3) pembentukan  Focus Group Discussion (FGD), dan (4) pendampingan belajar di luar kelas.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : Jurnal Kredo Yahya.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd,
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana