Penulis Utama : Daru Lesty Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515023
Tahun : 2018
Judul : Prosedur Pembiayaan Mudharabah pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Al Karomah Jatipurno Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Manajemen Administrasi-D1515023-2018
Subyek : PEMBIAYAAN MUDHARABAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembiayaan mudharabah pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Al Karomah. BMT Al Karomah merupakan lembaga keuangan bukan bank yang berbadan hukum koperasi. Dalam hal ini, KSPPS BMT Al Karomah memiliki kegiatan seperti halnya lembaga keuangan lainnya yaitu perhimpunan dana, penyaluran dana, dan penanganan masalah terkait dengan penyaluran dana. KSPPS BMT Al Karomah itu sendiri memiliki produk penyaluran dana seperti pembiayaan mudharabah, pembiayaan musyarakah, pembiayaan murabahah, pembiayaan ijarah, dan pembiayaan qardh.
Metode pengamatan yang digunakan dalam pengamatan ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan yang memusatkan pada deskripsi, pengamat menekankan catatan dengan deskripsi kalimat yang rinci, lengkap, dan mendalam. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan observasi berperan aktif yang dilaksanakan dengan pihak KSPPS BMT Al Karomah Jatipurno, selain itu data diperoleh dari Dokumentasi atau Mengkaji Dokumen dan Arsip di KSPPS BMT Al Karomah Jatipurno.
Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa prosedur pembiayaan mudharabah pada Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wa Tamwil Al Karomah Jatipurno sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada. Prosedur pembiayaan mudharabah menggunakan tahapan dengan persyaratan yang harus dipenuhi sehingga dinyatakan sah sebagai anggota dan bisa mengajukan pembiayaan. Pembiayaan mudharabah menggunakan kesepakatan antara KSPPS BMT Al Karomah dengan nasabah untuk menentukan nisbah dan menuliskannya di akad pembiayaan mudharabah, sebagai bentuk perjanjian antara KSPPS BMT Al Karomah dengan nasabah secara tertulis.
 
Kata kunci : Prosedur, Pembiayaan, Mudharabah, BMT.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Purwoko, SS., MH.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP