Penulis Utama : Anung Dipta Sulistyanto
NIM / NIP : K4611013
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara power otot lengan, koordinasi mata tangan dan kekuatan otot punggung baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan hasil pukulan softball pada atlet porprov Kabupaten Karanganyar tahun 2018.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis diskriptif korelasional menggunakan software SPSS 21. Teknik pengambilan sampel atau sampling menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ganda untuk mengetahui besarnya hubungan (menggunakan koefisien determinasi) power otot lengan, koordinasi mata tangan dan kekuatan otot punggung baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan hasil pukulan softball yang dinyatakan dalam satuan ukuran proporsi atau persentase.

Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut, koefisien korelasi antara power otot lengan dengan hasil pukulan softball sebesar 0,955. Ini berarti korelasi antara power otot lengan dengan hasil pukulan softball signifikan atau benar-benar nyata. Koefisien korelasi antara koordinasi mata tangan dengan hasil pukulan softball sebesar 0,981. Ini berarti korelasi antara koordinasi mata tangan dengan hasil pukulan softball adalah signifikan atau benar-benar nyata. Koefisien korelasi antara kekuatan otot punggung dengan hasil pukulan softball sebesar 0,860. Ini berarti korelasi antara kekuatan otot punggung dengan hasil pukulan softball adalah signifikan atau benar-benar nyata. Koefisien korelasi antara power otot lengan, koordinasi mata tangan dan kekuatan otot punggung sebesar 0.982. Ini berarti korelasi antara power otot lengan, koordinasi mata tangan dan kekuatan otot punggung dengan hasil pukulan softball adalah signifikan atau benar-benar nyata

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah pertama, ada hubungan yang signifikan antara power otot lengan terhadap hasil pukulan softball atlet porprov Kabupaten Karanganyar tahun 2018. Kedua, ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap hasil pukulan softball atlet porprov Kabupaten Karanganyar tahun 2018. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara power otot lengan terhadap hasil pukulan softball atlet porprov Kabupaten Karanganyar tahun 2018 Keempat, ada hubungan yang signifikan antara power otot lengan, koordinasi mata tangan  dan kekuatan otot punggung secara bersama-sama terhadap hasil pukulan softball atlet porprov  Kabupaten Karanganyar tahun 2018.

Kata kunci : power otot lengan, koordinasi mata tangan, kekuatan otot punggung, hasil pukulan softball

×
Penulis Utama : Anung Dipta Sulistyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611013
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Power Otot Lengan, Koordinasi Mata Tangan dan Kekuatan Otot Punggung terhadap Hasil Pukulan Softball pada Atlet Porprov Kabupaten Karanganyar Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4611013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.