Penulis Utama : Aprilia Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213004
Tahun : 2018
Judul : Aspek Gramatikal Novel Hujan Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xii Sma Negeri 4 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213004-2018
Subyek : ASPEK GRAMATIKAL, BAHAN AJAR, NOVEL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

<!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]-->Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) aspek gramatikal yang terdapat dalam novel Hujan karya Tere Liye dan (2) aspek gramatikal dalam novel Hujan karya Tere Liye yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas kelas XII.

Penelitian  ini  termasuk  penelitian  kualitatif  dengan  sumber  data  utama adalah novel Hujan karya Tere Liye tahun 2017. Karakteristik novel Hujan yaitu sederhana, baik sederhana dalam penggunaan bahasa, dan sederhana dalam cerita yang disajikan. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis wacana sesuai dengan teks dan konteks.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Hujan karya Tere Liye menggunakan aspek gramatikal yang tepat sehingga mampu membentuk sebuah wacana  yang  padu.  Aspek gramatikal  yang  digunakan  meliputi  pengacuan (referensi), penyulihan (substitusi), pelesapan (elipsis) dan perangkaian (konjungsi). Wacana Hujan karya Tere Liye memiliki relevansi sebagai bahan ajar pembelajaran novel pada Sekolah Menengah Atas karena wacana ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan menampilkan alur cerita yang ringan.

Kata Kunci : aspek gramatikal, bahan ajar, novel

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.,
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP