Penulis Utama : Geovana Permata De Gani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515045
Tahun : 2018
Judul : Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Satu Atap (SIMTAP) Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Manajemen Administrasi-D1515045-2018
Subyek : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN SATU ATAP
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karanganyar hadir dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang menerapkan suatu sistem bernama Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Satu Atap (SIMTAP) pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang memberikan kemudahan dalam pengurusan berkas sistematis sehingga pengurusan Izin Mendirikan Bangunan dapat terlaksana secara efektif, efisien, cepat, tepat, transparan, dan akuntabel, baik dari pihak pencari izin maupun pemberi izin.
Tujuan pengamatan ini adalah untuk memperoleh gambaran dan penjelasan secara rinci mengenai pengurusan Izin Mendirikan Bangunan menggunakan SIMTAP.
Metode yang digunakan dalam pengamatan ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengamatan dan pencatatan langsung di lokasi melalui kegiatan yang sedang berlangsung secara terperinci dan sistematik sehingga dapat dituangkan dan diintepretasikan secara akurat dan rasional.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa SIMTAP dalam pengurusan IMB secara teknis sudah berjalan dengan baik namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersingkat waktu sehingga pemberian pelayanan dapat dilakukan secara optimal. Seperti diadakannya rapat evaluasi secara berkala untuk mengetahui penyebab dari kurang terarahnya para pegawai dalam melaksanakan tugasnya, serta perlu diadakan kegiatan yang bersifat kebersamaan guna  menumbuhkan rasa kekompakan dan semangat bekerja. SIMTAP dalam pengurusan IMB merupakan sebuah sistem yang terstruktur dengan mengkombinasikan sarana dan prasarana yang ada (hardware, software, dan database) dengan pegawai yang dimiliki dan didukung dengan prosedur pengoperasian yang jelas, sehingga mendapatkan kegiatan administrasi konvensional dan komputerisasi yang mencakup input, processing, dan output. Kegiatan input dalam pendataan secara elektronik dan manual pada data identitas pemohon, bangunan dan tanah. Processing data dalam perhitungan retribusi. Output berupa penerbitan Sertifikat dan Surat Keputusan Izin Mendirikan Bangunan yang disetujui Kepala Kantor.

Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Satu Atap (SIMTAP), IMB.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.PDF
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang K. Maharani, S.Sos, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP