Penulis Utama : Cristia Andi Wiguna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414012
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Penerapan Metode Simulasi terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Siswa Smk N 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Akuntansi-K7414012-2018
Subyek : METODE SIMULASI, HASIL BELAJAR, RANAH KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah kognitif; (2) pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah afektif; (3) pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah psikomotorik.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi - eksperimental research). Populasi dan sampel penelitian adalah kelas XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Sukoharjo, yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar ranah kognitif. Angket digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar ranah afektif. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar ranah psikomotorik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji prasyarat analisis dan uji hipotesis). Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diinformasikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah kognitif, dibuktikan dengan perolehan nilai uji t = 4,571 (p = 0,000). Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah afektif, menunjukkan nilai uji t = 3,370 (p = 0,001). Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi ranah psikomotorik, mendapatkan nilai uji t = 5,082 (p = 0,000). Data posttest mengenai hasil belajar akuntansi pada ketiga ranah kognitif, afektif dan psikomotor terdapat perbedaan peningkatan sebesar 12, 10 dan 17 poin secara berurutan pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo.

Kata Kunci : Metode Simulasi, Hasil Belajar, Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats.,
2. Nurhasan Hamidi, SE, M.Sc, Ak, CA.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP