Penulis Utama : Dayu Zona
NIM / NIP : K4613039
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar passing bawah Bolavoli peserta didik kelas IX C SMP N 1 Juwiring tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX C SMP N 1 Juwiring tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 peserta didik. Sumber data adalah peserta didik, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, pembelajaran dan tes. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.

Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II terjadi proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya pembelajaran yang berkualitas. Hasil penelitian  menunjukkan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan presentase ketuntasan. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar passing bawah Bolavoli  siklus I sebesar 48,48% atau 16 dari 33 peserta didik dan pada siklus II ketercapaian ketuntasan hasil belajar mencapai 78,79% atau 26 dari 33 peserta didik, sedangkan 7 peserta didik tidak tuntas sehingga hasil belajar sudah melampaui target capaian yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu 75%.

Simpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah Bolavoli peserta  didik kelas IX C SMP N 1 Juwiring tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci : hasil belajar, passing bawah, alat bantu pembelajaran.

×
Penulis Utama : Dayu Zona
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613039
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli pada Peserta Didik Kelas Ix C Smp N 1 Juwiring Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi-K4613039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Margono, M.Kes
2. Deddy Whinata K, S.Or.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.