Penulis Utama : Fauzia Liana Utama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7614021
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi Dan Pendidikan Adm. Perkantoran Angkatan 2014 FKIP Di Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Ekonomi-K7614021-2018
Subyek : LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, MOTIVASI EKONOMI, MINAT UNTUK MENGIKUTI PPG.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh (1) lingkungan keluarga terhadap minat untuk mengikuti PPG pada mahasiswa, (2) lingkungan teman sebaya terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPG pada mahasiswa, (3) motivasi ekonomi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPG pada mahasiswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi  dan  Pendidikan  Administrasi  Perkantoran  di  FKIP  UNS 2014/2015 yang berjumlah 170 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan survey explanatory. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Taraf signifikansi digunakan dalam penelitian ini sebesar 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat untuk mengikuti PPG. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap minat untuk mengikuti PPG. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi ekonomi terhadap minat untuk mengikuti PPG. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, dan motivasi ekonomi secara bersama- sama terhadap minat untuk mengikuti PPG. Sumbangan Relatif  (SR) lingkungan keluarga sebesar 20,8%, lingkungan teman sebaya sebesar 59,6?n motivasi ekonomi sebesar 19,6 % terhadap minat untuk mengikuti PPG. Sementara itu, Sumbangan efektif (SE) variabel lingkungan keluarga sebesar 15,59%, variabel lingkungan teman sebaya sebesar 44,51%, dan variabel motivasi ekonomi sebesar 14,59% terhadap minat untuk mengikuti PPG. Sumbangan Efektif (SE) dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 74,70% sedangkan sisanya sebesar 25,30% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Ekonomi, Minat untuk Mengikuti PPG.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bambang Wasito Adi, M.Sc,
2. Drs. Sunarto, M.M,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP