Penulis Utama : Agung Nur Ismail
NIM / NIP : K3111006
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor penyebab dan dampak dari bullying verbal dan juga untuk mengetahui penanganan yang paling efektif yang dilakukan oleh guru kelas untuk mengatasi bullying verbal di SD Negeri Kadokan 01.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kadokan 02 yang berjumlah 3 orang dan Guru kelas V yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data Adalah dengan observasi dan wawancara Sumber data berasal dari peserta didik, orangtua peserta didik dan Guru kelas. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab peserta didik melakukan bullying verbal yaitu berasal dari faktor media dan lingkungan. Faktor media antara lain berasal dari televisi, handphone, playstation dan faktor lingkungan berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Sedangkan dampak dari bullying verbal yaitu peserta didik menjadi anti sosial, menurunnya rasa percaya diri dan penurunan prestasi akademik. Penanganan yang dilakukan oleh guru kelas adalah memberikan layanan informasi, layanan konseling individual dan Layanan mediasi. Layanan yang paling efektif untuk mengatasi bullying verbal adalah menggunakan layanan konseling individual
Kata Kunci : Guru kelas, Bullying , Bullying Verbal

 

×
Penulis Utama : Agung Nur Ismail
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3111006
Tahun : 2018
Judul : Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Bullying Verbal Di SD Negeri Kadokan 01 Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3111006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd
2. Ulya Makhmudah, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.