Penulis Utama : Deo Raka Sadewa H
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113014
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Mengurangi Perilaku Ketergantungan Gawai Menggunakan Teknik Goal Setting Dan Scaling Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113014-2018
Subyek : LAYANAN BIMBINGAN, KETERGANTUNGAN GAWAI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan dan ke-pentingan peseta didik terhadap pengembangan panduan mengurangi ketergantung-an gawai dengan teknik goal setting dan scaling, mendeskripsikan kajian teori ten-tang kecandun gawai, teknik goal setting dan scaling, dan menghasilkan prototipe- 1 berupa Panduan Layanan Bimbingan Mengurangi Perilaku Ketergantungan Ga-wai Menggunakan Teknik Goal Setting dan Scaling pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas yang kelak akan siap diuji keefektifan, kepraktisannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Re-search and Develpoment), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap ke -3 yaitu tahap pembuatan produk. Data yang didapatkan dari lapangan berupa data ke-butuhan dan kepentingan peserta didik, data tersebut diambil dari tiga responden yaitu peserta didik, guru BK, dan orang tua. Persentase kebutuhan dan kepentingan tertinggi akan dijadikan judul penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, kajian empririk memuat hasil survei yang dilakukan Mahasiswa BK angkatan 2012 yang tergabung dalam penelitian payung didapatkan data tingkat kebutuhan dan kepentingan pe-serta didik yang menunjukkan 48,95 % pada kategori sangat dibutuhkan dan me-ndapat presentase 48,99 % pada kategori sangat penting terhadap pengembangan pemahaman perilaku menggunakan gadget berdasarkan dari, peserta didik, guru BK, dan orang tua. Kedua, kajian teoritik didapatkan mengenai perilaku ketergantungan gawai meliputi pengertian ketergantungan gawai, aspek ketergantungan gawai, penyebab ketergantungan gawai, dampak ketergantungan gawai, sedangkan kajian teoritik tentang teknik goal setting dan scaling meliputi pengertian teknik goal setting dan scaling, kegunaan teknik goal setting dan scaling, dan tahapan teknik goal setting dan scali-ng. Ketiga, berdasarkan kajian teoritik dan empirik disusunlah produk berupa buku Panduan Layanan Bimbingan Mengurangi Perilaku Ketergantungan Gawai Meng-gunakan Teknik Goal Setting dan Scaling Pada Peserta Didik SMA. Buku Panduan terdiri dari 2 yaitu Buku Pegangan Guru BK dan Lembar Kerja Siswa untuk peserta didik.
Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjut-nya yang berminat untuk mengembangkan panduan yang akan diujikan keefektifan dan kepraktisan
Kata kunci: Layanan bimbingan, Ketergantungan gawai, Goal Setting dan Scaling, SMA

 

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Deo Raka Sadewa H..pdf
COVER.pdf
BAB 1 REVISIED.pdf
BAB 2 REVISIED.pdf
BAB 3 revisied.pdf
BAB 4 REVISIED.pdf
BAB 5 revisied.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.,
2. Drs. Mudaris Muslim, M.Psi,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP