Penulis Utama : Febiana Yoda Kartika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114045
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Volume Fraction dan Aspek Rasio Serat Agave Cantula Roxb. dengan Polymer Modified Mortar Terhadap Kuat Tekan dan Kuat Tarik Langsung.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik, Program Studi Teknik Sipil-I0114045-2018
Subyek : BETON, BETON SERAT, ASPEK RASIO
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Salah satu sifat beton adalah tahan terhadap kuat tekan tetapi lemah terhadap kuat tarik. Hal ini lah yang menjadi faktor dalam pengembangan mutu material beton sendiri. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja beton terhadap kuat tarik adalah dengan adanya tambahan serat pada campuran beton.
Penelitian ini, digunakan campuran serat berupa serat alam yaitu Agave Cantula Roxb. Penambahan serat ini dalam campuran beton polymer modified mortar (PMM) dengan meninjau dua aspek yaitu dengan aspek rasio dan volume fraction.
Berdasarkan aspek rasio digunakan variasi (L/D) yaitu 104,17; 156,25, 208,33; 260,42; dan 312,50 untuk kuat tekan dan kuat tarik langsung. Konsentrasi serat yang digunakan sebesar 2?ri berat semen. Selanjutnya setelah diperoleh hasil optimum, ditinjau kembali berdasarkan volume fraction dengan variasi 1% ; 2% ; 3% ; 4?ri volume beton.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek rasio (L/D) = 208,33 dan volume fraction 3% memberikan kekuatan tarik langsung yang cukup besar pada umur 3 hari dibandingkan dengan panjang serat lainnya yaitu 1,574 MPa. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan bahan tambah serat cantula pada polymer modified mortar (PMM) dapat meningkatkan sifat kuat tarik beton yang lemah.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
depan.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
New Document_9.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Stefanus Adi Kristiawan, S.T., M.Sc. Ph.D.,
2. Edy Purwanto, S.T., M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik