Penulis Utama : Yunita Kusuma Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113080
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Panduan Peningkatan Kemampuan Resiliensi Dengan Teknik Self Management Pada Peserta Didik SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113080-2018
Subyek : KEMAMPUAN RESILIENSI, TEKNIK SELF MANAGEMENT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe satu berupa panduan layanan bimbingan untuk meningkatkan kemampuan resiliensi dengan teknik Self Management pada peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) yang belum dilakukan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Develpoment), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pra pengembangan yaitu tahap pembuatan produk. Subjek penelitian ini peserta didik SMA dari kelas X-XII seeks Karisidenan Surakarta. Data yang didapatkan dari lapangan berupa data kebutuhan dan kepentingan, data tersebut diambil dari responden yang terdiri dari peserta didik, guru BK, dan orang tua.
Hasil studi pendahuluan diperoleh data sebagai berikut: Pertama tingkat kebutuhan dan kepentingan yang diperoleh dari 3183 responden memiliki hasil persentase 94,13% dibutuhkan dan 94,32% dianggap penting terhadap pengembangan cara mengelola stres. Kedua, kajian teoritik mengenai resiliensi dan self management diperoleh hasil: 1) pengertian resiliensi, 2) faktor-faktor resiliensi, 3) aspek-aspek resiliensi, 4) upaya peningkatan resiliensi, 5) pengertian self management, 6) aspek-aspek self management, dan 7) pelatihan self management untuk meningkatkan kemampuan resiliensi. Ketiga, berdasarkan hasil studi pendahuluan dan kajian teoritik dihasilkan produk berupa panduan layanan bimbingan peningkatan kemampuan resiliensi dengan teknik self management pada peserta didik SMA dan lembar kerja peserta didik peningkatan kemampuan resiliensi dengan teknik self management pada peserta didik SMA.
Panduan memuat sistematika produk yaitu cover, kata pengantar, daftar isi, Bagian I pendahuluan, Bagian II cara menggunakan panduan, Bagian III meningkatkan kemampuan resiliensi dengan teknik self management, Bagian IV kurikulum, Bagian V satuan layanan dan materi meningkatkan kemampuan resiliensi, Bagian VI penutup, daftar pustaka, dan lampiran. Sedangkan lembar kerja peserta didik peningkatan kemampuan resiliensi dengan teknik self management pada peserta didik SMA memuat sistematika produk yang terdiri dari cover, data diri, kata pengantar, daftar isi, lembar kerja peserta didik Bagian I, lembar kerja peserta didik Bagian II, lembar kerja peserta didik Bagian III, dan lembar kerja peserta didik Bagian IV.
Kata kunci: kemampuan resiliensi, teknik self management, peserta didik SMA

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Yunita Kusuma W..pdf
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
2. Ulya Makhmudah, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP