Penulis Utama : Muhammad ‘ainun Naim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114081
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kinerja Struktur Rangka Baja dengan Pembentukan Kurva Kerapuhan Berbasis Pushover.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik, Program Studi Teknik Sipil-I0114081-2018
Subyek : KINERJA SEISMIK, KURVA KERAPUHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak


Evaluasi gedung tahan gempa berbasis kinerja di Indonesia sangat penting karena  sebagian besar wilayah Indonesia rawan terhadap gempa. Salah satu sarana untuk mengevaluasi kinerja seismik struktur gedung adalah analisis pushover. Prosedur analisis pushover yaitu dengan memberikan pola beban lateral yang ditingkatkan secara bertahap. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi kinerja seismik pada struktur rangka baja dengan kelas situs tanah sedang.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan terjadinya tingkat kerusakan struktur untuk berbagai intensitas gerakan tanah yang dapat digambarkan oleh kurva kerapuhan. Untuk membangun kurva kerapuhan yaitu dengan mengolah kurva kapasitas yang didapatkan dari analisis pushover. Kurva kapasitas dikonversi dalam format ADRS (Acceleration Displacement Response Spectrum) menjadi spektrum kapasitas untuk mendapatkan nilai spectra median displacement yang digunakan sebagai penentu nilai batas kondisi kerusakan tertentu. Penelitian ini menggunakan prosedur ATC-40 untuk mengklasifikasikan tingkat kerusakan bangunan menjadi TIGA kondisi kerusakan diskrit yaitu Immediate Occupation, Life Safety, dan Collapes. Hubungan probabilitas dengan tiga parameter demand tersebut digambarkan dalam kurva kerapuhan.
Hasil analisis kurva kerapuhan struktur rangka baja memiliki probabilitas kerusakan struktur Immediate Occupation sebesar 72.91%  dan  Life Safety sebesar 34.09%. Pada penelitian kali ini menggunakan percepatan tanah di wilayah Surakarta 0.36 g. Probabilitas kerusakan struktur masih tergolong besar akibat gempa di daerah Surakarta, sehingga ditambahkan perkuatan damper pada pemodelkan struktur. Probabilitas kerusakan struktur dengan damper menunjukkan Immediate Occupation sebesar 14.46 ?n Life Safety  sebesar 4.18 %. Terlihat struktur dengan perkuatan damper, lebih bisa meredam gaya gempa yang terjadi.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
bab_1.pdf
bab_2.pdf
bab_3.pdf
bab_4.pdf
bab_5.pdf
New Document_11.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Senot Sangadji, S.T.,M.T.
2. Ir. Agus Supriyadi, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik