Penulis Utama : Astri Kurniati Martiana
NIM / NIP : S511402002
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Penyakit kardiovaskular masih merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia, walaupun telah dilakukan terapi pencegahan yang efektif. Fragmentasi komplek QRS (fQRS) pada EKG merupakan aktivitas inhomogen pada miokard akibat jaringan skar diantara jaringan miokard yang masih viabel dan iskemia sehingga menghambat kecepatan konduksi pada zona peri-infark. Adanya fQRS berhubungan dengan penurunan perfusi miokard dan perburukan iskemia pada pasien dengan penyakit jantung iskemik.
Tujuan: Untuk mengetahui perananan fragmentasi komplek QRS terhadap perfusi mikrovaskular pada pasien yang menjalani intervensi koroner perkutan.
Metode:  Penelitian ini merupakan suatu studi potong lintang analitik dengan jumlah sampel 44 pasien yang menjalani intervensi koroner perkutan di laboratorium kateterisasi jantung RSUD Dr. Moewardi. Pasien yang memenuhi kriteria inklusi dilakukan pemeriksaan elektrokardiografi dan evaluasi perfusi mikrovaskular dari gambaran angiografi dengan menggunakan program QuBE. Uji beda dilakukan untuk menilai fQRS dengan nilai QuBE, sebelum dan sesudah intervensi koroner perkutan, serta delta QuBE. Analisis mutivariat untuk menilai pengaruh fragmentasi komplek QRS terhadap perfusi mikrovaskular (QuBE). Nilai p <0>Hasil: Didapatkan nilai QuBE lebih rendah secara bermakna sebelum intervensi koroner perkutan (IKP) pada kelompok fQRS (9.41±4.25 arbitary unit) dibandingkan kelompok non fQRS (12.91±4.40 arbitary unit) (p=0.010), dan setelah IKP (11.21± 4.38 arbitary unit) vs (21.54±8.56 arbitary unit) dimana nilai yang lebih rendah didapatkan pada kelompok fQRS (p=0.001). Rerata delta QuBE (1.80±4.26 arbitary unit) vs (8.63±8.35 arbitary unit) dengan nilai yang lebih rendah pada kelompok fQRS (p=0.001). Berdasarkan analisis multivariat didapatkan hasil bahwa fragmentasi komplek QRS berpengaruh secara signifikan terhadap nilai QuBE baik sebelum dan sesudah intervensi, maupun delta QuBE (p=0.010; p=0.001; p=0.001).
Kesimpulan: Fragmentasi komplek QRS dapat digunakan sebagai prediktor perfusi mikrovaskular pada pasien yang menjalani intervensi koroner perkutan.

Kata Kunci: Fragmentasi komplek QRS, Perfusi mikrovaskular, QuBE

 

 

×
Penulis Utama : Astri Kurniati Martiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S511402002
Tahun : 2018
Judul : Fragmentasi Komplek Qrs sebagai Prediktor Perfusi Mikrovaskular pada Pasien yang Menjalani Intervensi Koroner Perkutan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Jantung dan Pembuluh Darah
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah- S511402002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. M. Triadhy Nugraha Sp. JP (K) FIHA
2. Dr. Trisulo Wasyanto, dr., Sp.JP(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.