Penulis Utama : Dhania Patra Kusumawati
NIM / NIP : S591408003
×

ABSTRAK
Latar Belakang : Pemberian ASI eksklusif dan MPASI merupakan salah satu upaya agar anak usia 6 – 24 bulan terlindungi dari anemia, khususnya anemia defisiensi besi (anemia mikrositik hipokrom) yang populasinya cukup tinggi pada anak di Indonesia (40 – 58%). Sebaliknya, ada pula kontroversi yang menyatakan bahwa terdapat risiko defisiensi besi pada pemberian ASI eksklusif. Kontroversi tersebut berbeda dengan teori yang menyatakan bahwa ASI eksklusif dapat menurunkan morbiditas anemia. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tema ini.
Tujuan: Mengetahui pengaruh praktek pemberian ASI dan MPASI pada pasien anemia di Bangsal anak RSUD. Dr. Moewardi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara consecutive sampling. Diperoleh 33 anak yang memenuhi kriteria inklusi, yaitu pasien anemia usia 6 – 24 bulan diukur dari kadar hemogobin, indeks eritrosit (MCV, MCH, MCHC), dan orangtuanya bersedia mengikuti penelitian dengan menandatangani informed consent. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara tentang riwayat pemberian ASI, MPASI, dan anemia kepada orangtua menggunakan kuesioner. Data dideskripsikan dalam bentuk tabel dan dianalisis dengan uji hipotesis korelatif Spearman.
Hasil: Tidak ditemukan hubungan bermakna antara praktek pemberian MPASI dengan kadar hemoglobin dan MCHC pasien (p > 0,05). Serta tidak dapatkan hubungan bermakna antara praktek pemberian MPASI dan anemia karena nilai p > 0,05.
Simpulan: Terdapat penurunan MCV dan MCH (ADB) pada anak dengan pemberian MPASI. Penurunan MCV dan MCH ini bukan disebabkan oleh ASI ekskusif. Namun, karena mayoritas pasien tidak pernah diberikan suplementasi besi pada usia 4 bulan dan kemungkinan MPASI yang diasup kaya akan besi non-heme yang rendah bioavailabilitasnya. Angka kejadian anemia khususnya ADB pada anak dengan MPASI yang kurang tepat tidak lebih rendah daripada yang diberikan MPASI secara tepat.
Kata kunci: praktek pemberian MPASI, anemia, usia < 2>

 

×
Penulis Utama : Dhania Patra Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S591408003
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Ketepatan Pemberian Mpasi terhadap Kejadian Anemia pada Pasien Anak di Rs. Dr . Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Ilmu Kesehatan Anak
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Ilmu Kesehatan Anak - S591408003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Muhammad Riza, SpA(K), Mkes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.