Penulis Utama : Dwita Riana Prabawati
NIM / NIP : K5114016
×

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh metode picture and picture untuk meningkatkan kemampuan  bina diri dalam materi keterampilan memakai sepatu siswa tunagrahita kelas II SDLB di Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah sepuluh siswa tunagrahita dan  berasal dari dua sekolah yang terdiri dari lima siswa kelas II SLB C Setya Dharma Surakarta dan lima siswa kelas II C SLB Negeri Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan reliabilitasnya menggunakan Inter-rater reliability dengan kesepakatan Kohen Kappa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS versi 24.

Hasil analisis deskriptif data diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 81,9 lebih tinggi daripada nilai rata-rata pretest sebesar 55,4. Hasil analisis non-parametrik diperoleh nilai Z hitung = -2.805 dengan Asymp.Sig (2-tailed) = 0,005 pada taraf signifikansi (?) 5%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode picture and picture berpengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan bina diri dalam materi keterampilan memakai sepatu siswa kelas II SDLB di Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Dwita Riana Prabawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114016
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri dalam Materi Keterampilan Memakai Sepatu Siswa Tunagrahita Kelas II SDLB di Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagyo, M.Si.
2. Erma Kumala Sari, S.Psi, M.Psi, Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.