Penulis Utama : Nia Nur Ramadani
NIM / NIP : K7414033
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris apakah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu ular tangga pintar dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas XI PM-1 SMK Negeri 1 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdapat empat tindakan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI PM-1 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 32 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Sumber data didapat dari informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Teknik uji validitas data menggunakan pengujian validitas isi dengan menggunakan dua dari empat metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Indikator kinerja yang ditetapkan pada penelitian ini adalah 81%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu ular tangga pintar dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Peningkatan kemampuan kerjasama siswa mulai terjadi pada kegiatan pra tindakan ke siklus I. Pada siklus I, hasil peningkatan persentase rata-rata indikator kerjasama siswa dari hasil observasi sebesar 75,43% dan dari hasil penyebaran angket sebesar 73,40%. Hasil tersebut belum optimal dan belum mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Pada siklus II, hasil peningkatan persentase rata-rata indikator kerjasama siswa telah optimal dan telah mencapai target sebesar 89,03?ri hasil observasi dan sebesar 89,40?ri hasil penyebaran angket. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu ular tangga pintar dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa kelas XI-PM 1 SMK Negeri 1 Sukoharjo.

Kata Kunci:  model pembelajaran kooperatif, kemampuan kerjasama, ular tangga pintar

×
Penulis Utama : Nia Nur Ramadani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414033
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Ular Tangga Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Akuntansi-K7414033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khresna Bayu Sangka, SE., MM., Ph.D.,
2. Dini Octoria, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.