Penulis Utama : Nurul Fatchurrohmah
NIM / NIP : K1213052
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan bercerita isi fabel siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banyudono (2) peningkatan keterampilan bercerita isi fabel siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banyudono dengan penerapan teknik cerita berantai dengan media gambar kartun.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas.  Subjek  penelitian  adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 34 siswa. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari guru kelas VII A dan siswa kelas VII A, serta hasil pengamatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, observasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan  triangulasi  data dan metode. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat peningkatan kualitas pembelajaran bercerita isi fabel pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banyudono. Peningkatan kualitas pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa selama  pembelajaran  dan  kepercayaan  diri  siswa  dalam  tampil  bercerita fabel. Kedua, terdapat peningkatan kualitas hasil keterampilan bercerita isi fabel. Peningkatan kualitas hasil ditunjukkan dengan nilai siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang dapat mencapai ketuntasan minimal. Pada siklus pertama, jumlah siswa yang mendapatkan nilai tuntas lebih dari nilai 80 ada 24 siswa atau 73,53?ri jumlah total         siswa         (34         siswa).        Pada         siklus         kedua,        jumlah siswa yang mendapatkan nilai lebih dari nilai 80 adalah 32 siswa atau 94,11?ri jumlah total siswa.

Kata Kunci: Teknik Cerita Berantai, Kartun, Keterampilan Bercerita, Fabe

×
Penulis Utama : Nurul Fatchurrohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213052
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Teknik Cerita Berantai dengan Media Gambar Kartun untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Isi Fabel pada Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 1 Banyudono
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Bahasa Indonesia-K1213052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.,
2. Drs. Slamet Mulyono, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.