Penulis Utama : Sedyaningrum Pujawati
NIM / NIP : K1214055
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) struktur novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata; (2) id, ego, dan superego tokoh utama dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata; dan (4) relevansi novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata sebagai materi pembelajaran sastra di sekolah menengah atas.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Dokumen berupa novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dan informan meliputi siswa, guru, dan dosen. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tema yang diangkat dalam novel adalah perjuangan seseorang dalam menemukan kemampuan dirinya, tokohnya terdiri dari protagonis, antagonis, dan tokoh bulat, alurnya merupakan alur campuran, cerita berlatar di daerah Melayu pada tahun awal 2000-an, sudut pandang campuran, amanatnya adalah jadilah orang yang tidak mudah menyerah; (2) tokoh utama protagonis memiliki superego yang tinggi, tokoh utama antagonis memiliki id dan ego yang tinggi, dan tokoh bulat memiliki ketiga unsur id, ego, dan superego; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel meliputi jujur, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, menghargai prestasi, kreatif, peduli sosial, peduli lingkungan, dan bersahabat; dan (4) novel Sirkus Pohon relevan dijadikan materi pembelajaran jika dilihat dari keterkaitannya dengan tujuan instruksional yang harus dicapai, juga dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan.

Kata kunci: unsur intrinsik, psikologi sastra, novel Sirkus Pohon, nilai pendidikan karakter, relevansi dengan pembelajaran

×
Penulis Utama : Sedyaningrum Pujawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214055
Tahun : 2018
Judul : Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214055-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nugraheni Eko Wardhani, S.S., M.Hum.
2. Budi Waluyo, S.S, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.