Penulis Utama : Feri Wartini
NIM / NIP : K3212030
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) proses pembelajaran batik jumputan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Mojogedang tahun ajaran 2017/ 2018 (2) faktor penghambat dalam proses pembelajaran batik jumputan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Mojogedang tahun ajaran 2017/ 2018 (3) hasil karya batik jumputan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Mojogedang tahun ajaran 2017/ 2018

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Mojogedang pada bulan Januari sampai Februari 2018, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Suyatno, S.Pd, selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Mojogedang, serta dokumen, tempat dan peristiwa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah  triangulasi sumber dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Batik Jumputan di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Mojogedang. Pembelajaran batik jumputan telah disusun ke dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) diimplementasikan ke dalam pembelajaran yang bersifat teori dan praktek. Metode yang digunakan yaitu: ceramah, demonstrasi, penugasan, dan eksperimen. Media pembelajaran yang digunakan contoh karya batik jumputan dan buku-buku tentang batik jumputan. Evaluasi pembelajaran, terdiri dari unjuk kerja dan evaluasi observasi. (2) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru: pengetahuan guru tentang materi batik jumputan masih kurang, guru kurang dapat memotivasi siswa, motivasi belajar siswa rendah, peralatan dalam membuat jumputan belum lengkap, guru kurang percaya diri dalam mengajar seni rupa, ijazah yang dimiliki tidak relevan. (3) Hasil karya siswa baik, semua siswa nilainya mencapai dan melampaui KKM.

 

×
Penulis Utama : Feri Wartini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212030
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Batik Jumputan di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Mojogedang Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3212030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd.
2. Nanang Yulianto, S.Pd., M.Ds.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.