Penulis Utama : Luna Sancaya Dewi
NIM / NIP : K3213034
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang yang mendasari terbentuknya komunitas Papaya Art, (2) proses pelaksanaan pembelajaran body painting di komunitas Papaya Art Boyolali.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan strategi kasus tunggal terpancang dan dilaksanakan selama 6 bulan. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa foto, arsip dan dokumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah  flow model analysi.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Latar belakang terbetuknya komunitas Papaya Art adalah untuk membuat wadah bagi pecinta seni di kota Boyolali dan adanya keinginan untuk melestarikan budaya kesenian di dalam sebuah komunitas. (2)Proses pembelajaran yang dilakukan komunitas Papaya Art dilaksanakan melalui workshop. Pembelajaran melalui workshop dilakukan secara by request dengan menyesuaikan acara yang diadakan. Proses pembelajaran yang dilaksanakan komunitas Papaya Art menggunakan pendekatan teori belajar behavioristik karena memiliki ciri tujuan pembelajaran lebih ditekankan pada bagaimana menambah pengetahuan. Papaya Art memiliki tujuan untuk belajar kesenian dan membelajarkan body painting kepada anggota komunitas dan peserta workshop. Metode pembelajaran yang digunakan dalam komunitas Papaya Art adalah metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode presentasi. Materi disampaikan dengan cara demonstrasi dan presentasi. Media pembelajaran yang digunakan yaitu contoh hasil karya body painting, baik berupa hasil karya asli ataupun melalui foto. Guru dan peserta didik di dalam komunitas Papaya Art bersifat fleksibel. Evaluasi dilakukan dengan cara diskusi dan sharing.

 

×
Penulis Utama : Luna Sancaya Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213034
Tahun : 2018
Judul : Studi Tentang Proses Pembelajaran Body Painting di Komunitas Papaya Art Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3213034-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tjahjo Prabowo, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.