Penulis Utama : Lutfi Fajarudin Fauzi
NIM / NIP : K3211038
×

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1)Proses pembelajaran Nirmana Trimatra di kelas X MIPA SMA N 1 Jatisrono. 2) Hambatan dan dukungan dalam proses pembelajaran Nirmana Trimatra di kelas X MIPA SMA N 1 Jatisrono; 3) Mengetauhi hasil karya nirmana trimatra siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriktif kualitatif dengan strategi  studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, analisis dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengaliryang proses tahapannya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran seni budaya pada materi nirmana trimatra disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. 2) Hambatan yang dihadapi guru adalah minimnya jam pelajaran seni budaya serta sikap indisipliner beberapa siswa dalam proses berkarya siswa sehingga berdampak pada kurang efektifnya waktu dalam proses berkarya nirmana trimatra. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran ini adalah sikap antusias siswa terhadap mata pelajaran seni budaya. 3) Siswa mampu merepresentasikan gagasan dan ide-ide ke dalam bentuk visual karya nirmana trimatra dengan baik.

×
Penulis Utama : Lutfi Fajarudin Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211038
Tahun : 2018
Judul : Studi Pembelajaran Nirmana Trimatra pada Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Jatisrono Tahun 2016/ 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3211038-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.