Penulis Utama : Moeksa Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214028
Tahun : 2018
Judul : Studi Batik Tulis Wonogiren Tradisi Tirtomoyo di Perusahaan TSP Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3214028-2018
Subyek : BATIK TULIS, TSP BATIK WONOGIREN, TIRTOMOYO
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Latar belakang batik tulis Wonogiren Tradisi Tirtomoyo di Perusahaan TSP Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri, (2) Proses pembuatan batik tulis Wonogiren Tradisi Tirtomoyo di Perusahaan TSP Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri, (3) Visualisasi batik tulis Wonogiren Tradisi Tirtomoyo di Perusahaan TSP Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri.

Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan studi kasus tunggal terpancang.Sumber data yang digunakan berupa informant, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan observasi (pengamatan).Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber dan review informant. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Latar belakang Ibu Sri Lestari mendirikan perusahaan batik tulis yaitu ingin melestarikan batik tulis asli wonogiri dan meneruskan perusahaan Batik Soemarnan milik keluarganya yang tengah mengalami krisis di akhir tahun 1980, dengan menggunakan nama TSP Batik Wonogiren sebagai nama perusahaan, 2) Proses pembuatan batik diawali dari pembuatan gambar desain (mola), nyorek,ngreng-rengi, ngiseni, nerusi, nemboki, pewarnaan, perendaman larutan kostik dan nglorod, 3) Visualisasi Batik Wonogiren mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri, yaitu dari warna khas dari Batik Wonogiren yaitu warna kuning kecoklatan, dan kesan remukan yang membuat desain kain batik tampak kasar. Kemudian, dalam pembuatan desain motif selalu dilakukan pengembangan baru, namun perkembangan motif batik tidak meninggalkan ciri khas dari Batik Wonogiren, yaitu tetap terdapat kesan remukan dan identik dengan motif sekaran (bunga).

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP