Penulis Utama : Pertiwi Ayu Kusuma Ratri
NIM / NIP : K5114033
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerak tari Lilin terhadap konsentrasi belajar Matematika pada anak lamban belajar kelas III di SD 1 Al-Islam Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak lamban belajar kelas III di SD 1 Al-Islam Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Teknik validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan Inter-rater reliability dengan kesepakatan Cohen Kappa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Perubahan rata-rata perilaku tidak konsentrasi belajar subjek yaitu dari 21 kali pada tahap baseline 1 (A1), 16 kali pada tahap intervensi (B), dan 9,5 kali pada tahap baseline 2 (A2). Berdasarkan estimasi kecenderungan arah, diketahui bahwa frekuensi perilaku subjek meningkat dengan rata-rata frekuensi yang cukup tinggi pada tahap baseline 1 (A1), kemudian mengalami penurunan pada tahap intervensi (B), dan kembali menurun pada tahap baseline 2 (A2). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan gerak tari Lilin dapat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar Matematika pada anak lamban belajar kelas III di SD 1 Al-Islam Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Pertiwi Ayu Kusuma Ratri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114033
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Gerak Tari Lilin Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika pada Anak Lamban Belajar Kelas III di SD 1 Al-Islam Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.