Penulis Utama : Septiana Mariani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213051
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Ragam Hias Sumber Ide Flora di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3213051-2018
Subyek : PEMBELAJARAN, SENI RUPA, RAGAM HIAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran teknik menggubah/mengembangkan ragam hias sumber ide flora di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta. (2) hasil karya ragam hias sumber ide flora di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta.

Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu Ardiyanto, selaku guru mata pelajaran seni rupa SMA Negeri 2 Surakarta dan siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta, serta dokumen, tempat, dan hasil karya. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran ragam hias sumber ide flora di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta menggunakan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar. Komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, siswa, guru, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Proses pembelajaran ragam hias sumber ide flora adalah sebagai berikut: Kegiatan diawali dengan penyampaian materi ragam hias sumber ide flora oleh guru, kemudian siswa melakukan pengamatan flora di luar kelas. Siswa menentukan tema flora yang akan digambar, dan kemudian dibuat sketsa. Sketsa yang sudah jadi dikembangkan dengan stilasi, selanjutnya siswa berproses membuat karya ragam hias sumber ide flora. Hasil karya ragam hias sumber ide flora kelas XI MIA 2 secara keseluruhan sudah baik, siswa mampu mengembangkan bentuk flora dengan teknik stilasi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Margana, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP