Penulis Utama : Sumarno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213054
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Kreativitas Berkarya Seni Kolase pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Wonokeling Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K3213054-2018
Subyek : PROJECT BASED LEARNING, KREATIVITAS, KOLASE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas berkarya seni kolase melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Wonokeling tahun ajaran 2017/2018.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa  kelas  IV  SD  Negeri  01  Wonokeling     tahun  ajaran  2017/2018  yang berjumlah  15  anak,  terdiri  dari  6  siswa  laki-laki  dan  9  siswa  perempuan, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah kreativitas berkarya seni kolase pada siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kritis pada data kualitatif dan analisis deskriptif komparatif pada data kuantitatif.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kreativitas  berkarya  seni  kolase siswa  mengalami  peningkatan  setelah  diberikan  tindakan  melalui  penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang mengajak siswa untuk berperan aktif, baik dalam proses pembelajarannya maupun dalam menghasilkan suatu produk karya seni dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu; 1) guru memberikan apersepsi dan menentukan pertanyaan mendasar, 2) guru menyampaikan materi utama dan mendemonstrasikan cara membuat karya seni kolase, 3) guru dan siswa mendesain perencanaan proyek, 4) guru dan siswa menyusun   jadwal   proyek,   5)   siswa   mengerjakan   proyek   sementara   guru mengawasi kemajuan proyek, 6) memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil karya seni kolase 7) guru menguji hasil karya 8) guru bersama siswa mengevaluasi pengalaman. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari peningkatan prosentase ketuntasan siswa yaitu sebesar 33.3% pada tahap pra tindakan, kemudian naik menjadi 53.3% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus  II. Selain itu tingkat keaktifan siswa pada siklus  I sebesar 66.7?n naik menjadi 93.3% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan semua siswa memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan memenuhi indikator capaian penelitian yaitu 75% .  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas berkarya seni  kolase  pada  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  01  Wonokeling  tahun  ajaran 2017/2018.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP