Penulis Utama : Wiwin Haryanti
NIM / NIP : K5114050
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik (PMR) terhadap prestasi belajar matematika operasi hitung nilai mata uang bagi anak tunagrhita ringan kelas V Di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental One-Group Pretest-Posttest Design, yang mana sekelompok subjek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Subjeknya adalah seluruh siswa kelas V SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 7 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes objektif berbentuk pilihan ganda. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Sign Rank Test).

Bedasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest 40.71 dan posttest 72.14. hasil analisis statistic nonparametric dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai Z hitung adalah ?-2,232?^a dengan Asymp. Sign (2-tailed) 0,026 pada taraf signifikan (?) 0,05 atau 5% sehingga hipotesis nihil ditolak dan H_(a )diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran matematika realistik (PMR) berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika operasi hitung nilai mata uang bagi anak tunagrahita kelas V di SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Wiwin Haryanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5114050
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Prestasi Belajar Matematika Operasi Hitung Nilai Mata Uang Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5114050-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.