Penulis Utama : Dea Izza Pantari
NIM / NIP : K7414013
×

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya (1) pengaruh antara lokus pengendalian terhadap prestasi belajar; (2) pengaruh antara keaktifan akademik terhadap prestasi belajar; dan (3) pengaruh antara lokus pengendalian dan keaktifan akademik terhadap prestasi belajar.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan Tahun 2015, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan jumlah sampel acak sebesar 46 mahasiswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel lokus pengendalian dan keaktifan akademik. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar mahasiswa. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara lokus pengendalian terhadap prestasi belajar (thitung = 4,474 > ttabel = 1,68107, p = 0,000). Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan akademik terhadap prestasi belajar (thitung = 7,117 > ttabel = 1,68107, p =0,000). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara lokus pengendalian dan keaktifan akademik terhadap prestasi belajar (Fhitung = 41,591 > Ftabel = 3,21, p= 0,000). Lokus pengendalian dan keaktifan akademik merupakan kinerja yang ditampilkan oleh mahasiswa dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Lokus pengendalian mencerminkan kepercayaan diri, pengendalian diri, resistensi kritik, motivasi belajar, dan penyesuaian diri mahasiswa dalam mencapai orientasi tujuan pembelajaran. Keaktifan akademik mencerminkan aktualisasi diri untuk mencapai prestasi belajar yang optimal yang meliputi aspek keaktifan perilaku, kognitif, emosional, dan keagenan.

 

×
Penulis Utama : Dea Izza Pantari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414013
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Lokus Pengendalian dan Keaktifan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7414013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khresna Bayu Sangka, SE., MM., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.