Penulis Utama : Ari Tejo Yulianto
NIM / NIP : K4212009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) aspek stilistika yang terdapat pada kumpulan geguritan Aja Nganti Kamanungsan karya Suksmawan Yant Mujiyanto; (2) nilai pendidikan yang terdapat pada kumpulan geguritan Aja Nganti Kamanungsan karya Suksmawan Yant Mujiyanto; (3) relevansi kumpulan geguritan Aja Nganti Kamanungsan karya Suksmawan Yant Mujiyanto sebagai materi ajar Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas kelas XII.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Oleh karena itu, metode penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan yaitu stilistika. Data dan sumber data pada penelitian ini adalah dokumen dan informan dengan dokumen berupa kumpulan geguritan Aja Nganti Kamanungsan karya Suksmawan  Yant  Mujiyanto  dan  informan dari  siswa  kelas  XII,  guru  bahasa Jawa, ahli sastra dan pengarang.  Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan analisis  dokumen/isi  dan  wawancara.  Teknik  pengambilan  subjek  penelitian dengan menggunakan pertimbangan tertentu yang disebut purposive sampling. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Sementara itu, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kumpulan geguritan Aja Nganti Kamanungsan karya Suksmawan Yant Mujiyanto memiliki beberapa aspek stilistika dan nilai pendidikan yang dapat diterapkan sebagai materi ajar bahasa  Jawa  di  SMA  kelas  XII.  Aspek  stilistika  yang  dimaksud  diantaranya adalah gaya bunyi, gaya kata, gaya kalimat, bahasa figuratif (pemajasan), dan citraan. Adapun nilai pendidikan yang dimaksud yaitu nilai pendidikan agama, moral, dan sosial. Dari kelima aspek stilistika di atas, gaya bunyi khususnya asonansi memiliki dominasi paling tinggi pada kumpulan geguritan Aja Nganti Kamanungsan. Nilai pendidikan yang paling banyak muncul pada kumpulan geguritan tersebut adalah nilai pendidikan moral. Kumpulan geguritan Aja Nganti Kamanungsan yang relevan sebagai materi ajar di SMA kelas XII diharapkan tidak hanya berguna di pendidikan formal, melainkan juga bermanfaat pada pendidikan informal seperti di masyarakat dengan cara menerapkan nilai-nilai pendidikan pada kehidupan sehari-hari.

 

×
Penulis Utama : Ari Tejo Yulianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212009
Tahun : 2018
Judul : Kajian Stilistika Dan Nilai Pendidikan Kumpulan Geguritan Aja Nganti Kamanungsan Karya Suksmawan Yant Mujiyanto Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa Di Sekolah Menengah Atas Kelas XII
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa Jawa-K4212009-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
2. Rahmat, S.S., M.A
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.