Penulis Utama : Fatmawati Cahyaningtyas
NIM / NIP : S351608017
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alasan kepala desa menjadi anggota panitia ajudikasi dalam pelaksanaan pendaftaran tanah. Penelitian ini sekaligus juga menganalisis fungsi Kepala Desa Pablengan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar selaku anggota panitia ajudikasi dalam membantu pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Penelitian    ini    termasuk    jenis    penelitian    hukum    empiris    yang bersifat deskriptif kualitatif, karena penelitian ini adalah suatu penelitian ilmiah untuk mendeskripsikan kebenaran hukum berdasarkan kenyataan di lapangan dengan melalui penelitian. Jenis data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder.
Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa dalam pelaksanaan pendaftaran tanah secara sistematis lengkap, kepala desa diberi peranan selaku anggota panitia ajudikasi pendaftaran tanah yang memiliki fungsi membantu pegawai kantor ATR/BPN dalam melaksanakan pendaftaran tanah di desa yang bersangkutan. Kepala desa menjadi anggota panitia ajudikasi dalam pelaksanaan pendaftaran tanah tersebut karena kepala desa dianggap sebagai pihak yang mengetahui data fisik maupun data yuridis bidang-bidang tanah di lokasi pendaftaran tanah. Kemudian dalam melaksanakan fungsinya selaku anggota panitia ajudikasi yang membantu penyelesaian sengketa atas data fisik dan yuridis dalam kepemilikan tanah masyarakat di desanya, Kepala Desa Pablengan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar harus memberikan keterangan mengenai data fisik dan yuridis atas kepemilikan tanah masyarakat desanya secara benar sesuai dengan kondisi tanah secara riil akan terwujud kepastian hukum dalam pelaksanaan pendaftaran tanah.
.Hasil penelitian ini akan bermanfaat untuk pengembangan ilmu hukum terutama yang menyangkut masalah peraturan mengenai pelaksanaan fungsi pemerintah desa dalam pelaksanaan pendaftaran tanah. Hasil penelitian ini akan bermanfaat   untuk   pengembangan   ilmu   hukum   terutama   yang  menyangkut masalah  peranan  ideal   kepala  desa  dalam  pelaksanaan  pendaftaran  tanah. Sehingga diharapkan dapat menjadi pelengkap dari penelitian sebelumnya serta dapat membantu memberikan masukan dan tambahan pengetahuan bagi semua pihak yang tertarik dalam masalah yang sama.

Kata Kunci : kepala desa, anggota panitia ajudikasi pendaftaran tanah sistematis lengkap dan membantu pelaksanaan PTSL

×
Penulis Utama : Fatmawati Cahyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351608017
Tahun : 2018
Judul : Fungsi Kepala Desa Selaku Anggota Panitia Ajudikasi dalam Membantu Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) (Studi di Desa Pablengan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kenotariatan-S351608017-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.