Penulis Utama : Agnes Windi Karina
NIM / NIP : H0813007
×

ABSTRAK

Koperasi merupakan salah satu pilar perekonomian di Indonesia. Koperasi di Indonesia semakin berkembang baik setiap tahunnya, hal ini juga terjadi di Provinsi Jawa Tengah. Dimana salah satunya di Kabupaten Karanganyar, populasi koperasi terbanyak kedua di Provinsi Jawa Tengah. Koperasi semakin banyak jenisnya, salah satunya Koperasi Kelompok Tani, kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara agraris. Salah satu koperasi kelompok tani di Kabupaten Karangnyar adalah KKT Sari Rejeki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja KKT Sari Rejeki dengan metode balanced scorecard yang meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, mengidentifikasi masalah-masalah yang mempengaruhi kinerja KKT Sari Rejeki, serta merekomendasikan rencana strategis yang dapat diterapkan untuk perbaikan kinerja KKT Sari Rejeki di masa mendatang.
Metode penelitian ini adalah deskriptif analitis. Penelitian dilakukan di KKT Sari Rejeki Desa Pulosari, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder (laporan RAT tahun 2014-2016) teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data dilakukan denga metode Balanced Scorecard meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja KKT Sari Rejeki  dengan metode Balanced Scorecard dinilai “Baik” dengan total skor kinerja adalah 70,9% yang berada pada rentang 61%-80%. Hasil kinerja pada masing – masing perspektif yaitu : perspektif keuangan dinilai “baik”, perspektif pelanggan dinilai “sangat baik”, perspektif proses bisnis internal dinilai”cukup baik” dan perapektif pertumbuhan dan pembelajaran dinilai “baik”. Identifikasi masalah yang mempengaruhi kinerja KKT Sari Rejeki yaitu: adanya karyawan yang menjalankan dua tugas sekaligus, karyawan kurang terampil dalam bekerja, banyaknya pesaing, birokrasi yang sulit, pembayaran pinjaman dari anggota sering terlambat dan simpanan anggota yang berputar tidak baik.  
Rekomendasi rencana strategis yang dapat diterapkan di KKT Sari Rejeki untuk perbaikan kinerja dimasa mendatang yaitu rerekruitmen karyawan melalui seleksi yang baik, mengadakan  pelatihan  ketrampilan secara rutin dan terjadwal, memahami kebutuhan anggota dan mengusahakan terobosan baru, menjalin kerjasama dengan para distributor, meningkatkan tertib adsministrasi organisasi dan keuangan dan memonitor adsministrasi secara teratur.

 

×
Penulis Utama : Agnes Windi Karina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813007
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Koperasi Kelompok Tani “Sari Rejeki” Desa Pulosari, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian. Jur. Agribisnis-H0813007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suprapti Supardi, MP.
2. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.