Penulis Utama : Lorena Augustavera
NIM / NIP : K7414028
×

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   1)   memperoleh   informasi   mengenai perbedaan keefektifan penerapan self and peer assessment terhadap peningkatan kemandirian  belajar  siswa  SMK  pada  pembelajaran  akuntansi,  2)  mengetahui jenis penilaian yang lebih efektif antara self and peer assessment terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa SMK pada pembelajaran akuntansi.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta Jurusan Akuntansi yang terdiri dari 107 siswa. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling pada kelompok kelas. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk non-equivalent control group design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk menilai aktivitas pembelajaran dan angket untuk data kemandirian belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara penerapan self and peer assessment terhadap kemandirian  belajar  siswa  SMK  pada  pembelajaran  akuntansi  (Sig.(2-tailed= 0,009 < ?=0,05). Kedua, self assessment dapat diterapkan lebih efektif untuk meningkatkan  kemandirian  dibandingkan  peer  assessment  dengan  besar  efek 0,539 kategori sedang.

 

×
Penulis Utama : Lorena Augustavera
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414028
Tahun : 2018
Judul : Keefektifan Strategi Pembelajaran dengan Self And Peer Assessment Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7414028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd.
2. Binti Muchsini, S.Pd., M.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.