Penulis Utama : Meliana Febriyanti W
NIM / NIP : K4413040
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Pemahaman guru mata pelajaran sejarah terhadap pendekatan saintifik sesuai kurikulum 2013, (2) Perencanaan pembelajaran sejarah menggunakan pendekatan saintifik, (3) Implementasi pembelajaran sejarah menggunakan pendekatan saintifik, (4) Hambatan dalam pembelajaran sejarah menggunakan pendekatan saintifik di kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo dan SMA Negeri 2 Sukoharjo, (5) Upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik di kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo dan SMA Negeri 2 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif yaitu teknik analisis yang bergerak di antara tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) guru sudah dapat memahami terhadap pendekatan saintifik, sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu dengan langkah-langkah mengamati, menanya, mengasosiasi, mencoba, mengumpulkan  informasi,  menyimpulkan,  mengomunikasi  dalam  kurikulum 2013.  (2) Perencanaan  pendekatan saintifik  sudah dilakukan oleh  guru sesuai dengan  aturan  kurikulum  2013.  (3)  Implementasi  pendekatan  saintifik  terjadi sesuai dengan pemahaman guru. (4) Kendala yang dihadapi guru sejarah dalam implementasi  pendekatan  saintifik  yaitu  LCD  dan  komputer  yang minim.  (5) Upaya guru sejarah dalam mengatasi hambatan implementasi pendekatan saintifik yaitu dengan membeli LCD dan penggunaan LCD secara bergilir.

 

×
Penulis Utama : Meliana Febriyanti W
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413040
Tahun : 2018
Judul : Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sukoharjo dan SMA Negeri 2 Sukoharjo).
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413040-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.