Penulis Utama : Swastiko Yuwhono
NIM / NIP : K4413064
×

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Insan Cendikia Al Mujtaba Sukoharjo, Baki, Sukoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) integrasi nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Insan Cendikia Al Mujtaba Sukoharjo, (2) kendala yang dihadapi  dalam  mengintegrasikan  nilai-nilai  kegamaan  dalam  pembelajaran  sejarah  di  SMA Insan Cendikia Al Mujtaba Sukoharjo (3) solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Insan Cendikia Al Mujatab Sukoharjo.
Penelitian dengan metode kualitatif diharapkan dapat mendeskripsikan objek secara komprehensif dan rinci. Penelitian ini meggunakan pendekatan tunggal terpancang. Penelitian tunggal terpancang adalah penelitian kualitatif yang sudah mennetukan fokus penelitiannya dengan menggunakan variabel utama yang akan dikaji berdasarkan tujuan dan minat peneliti sebelum masuk lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) implementasi pengintegrasian nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Insan Cendikia Sukoharjo terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) kendala  yang dihadapi guru mata pelajaran sejarah dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran sejarah adalah persepsi siswa yang masih beranggapan bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran menghafal, sehingga guru harus memberikan pemahaman kepada siswa bahwa pelajaran sejarah bukanlah pelajaran menghafal melainkan siswa dituntut untuk bisa mengambil nilai-nilai yang terkandung dalam setiap materi pelajaran (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Insan Cendikia Al Mujtaba Sukoharjo adalah sekolah mengadakan pertemuan rutin setiap hari senin. Pertemuan tersebut melibatkan seluruh warga sekolah. Pertemuan tersebut digunakan untuk memberikan pelatihan dan arahan dari pihak sekolah untuk penanaman nilai- nilai keagaman kepada siswa.

Kata Kunci : integrasi, nilai keagamaan, pembelajaran sejarah

×
Penulis Utama : Swastiko Yuwhono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413064
Tahun : 2018
Judul : Integrasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Insan Cendikia Al Mujtaba Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413064-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd.
2. Drs. Saiful Bachri, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.