Penulis Utama : Sinta Ayu Nawang Wulan
NIM / NIP : K4413057
×

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap sosial siswa kelas X IPS 5 MAN 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 5 MAN 1 Surakarta yang berjumlah 35 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui Teknik Tes, Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Angket. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi metode Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa Kelas X IPS 5 MA Negeri 1 Surakarta, hal ini dapat dilihat dari persentase pencapaian nilai ketuntasan minimal hasil belajar sejarah (KKM= 75) siswa di kelas. Pada tahap pratindakan yang mencapai nilai KKM 75 sebanyak  19 siswa (58,82%), kemudian pada tahap siklus I meningkat menjadi 25 siswa (73,52 %), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 30 siswa (85,29%). Pencapaian pada siklus II tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ? 75 %. Sikap sosial siswa pada pembelajaran sejarah juga dapat meningkat, hal ini dapat dilihat dari angka persentase pencapaian indikator sikap sosial pada kategori tinggi. Pada tahap pratindakan presentase pencapaian indikator sikap sosial kategori tinggi sebesar 42,08%, pada tahap siklus I meningkat menjadi 48,60 % dan pada tahap siklus II meningkat lagi menjadi 68,60 %. Pencapaian pada tahap siklus II tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu ?65 %.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap sosial siswa Kelas X IPS 5 MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Sinta Ayu Nawang Wulan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413057
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Sosial Siswa Kelas X IPS 5 MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.