Penulis Utama : Saktiana Rizki Endiramurti
NIM / NIP : S431608019
×

Abstrak

Penelitian ini mengacu pada issue yang sedang terjadi di perusahaan BUMN Indonesia, khususnya dalam masalah keberlangsungan (going concern). Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan bukti secara empiris mengenai pengaruh antara opini going concern, kebangkrutan, dan karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report.
Sampel yang digunakan berupa perusahaan BUMN non-keuangan di Indonesia, yang terdiri dari 54 perusahaan selama periode 2014-2016. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan alat bantu statistik berupa perangkat lunak Eviews versi 9.0. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan data sekunder dari berbagai sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dari empat hipotesis penelitian diterima, di mana opini audit going concern dan karakteristik perusahaan yang dinilai melalui ukuran serta umur perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin besar dan semakin lama perusahaan berdiri, maka perusahaan akan menyajikan sustainability report secara lebih lengkap. Semakin lengkapnya penyajian sustainability report tersebut menjadi salah satu faktor penting auditor dalam menentukan opini audit going concern di dalam laporannya.

Kata Kunci : Laporan Keberlanjutan, Sustainability Report, Opini Going Concern, Kebangkrutan, Z-Score, Pengungkapan

×
Penulis Utama : Saktiana Rizki Endiramurti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431608019
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Opini Going Concern, Kebangkrutan, dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sustainability Report (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan di Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Akuntansi-S431608019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nur Probohudono, SE, MSi, Ph.D., Ak.,CA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.