Penulis Utama : Arsyah Avikana
NIM / NIP : H0813024
×

ABSTRAK

Sektor industri pengolahan berbasis pertanian merupakan salah satu penggerak pembangunan ekonomi di negara Indonesia. Nilai kontribusi lapangan usaha pada sektor industri pengolahan memberikan pemasukan terbesar mencapai 21,53% terhadap perekonomian nasional pada tahun 2015, sehingga sektor industri pengolahan berpotensi untuk dikembangkan guna mendukung sektor pertanian agar peranannya dalam pembangunan perekonomian nasional semakin optimal. Salah satunya melalui pengembangan agroindustri yang diharapkan mampu meningkatkan pembangunan negara. Kabupaten Wonogiri sebagai produsen ubi kayu terbesar di Provinsi Jawa Tengah, menjadikan komoditas ubi kayu menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Wonogiri. Selain itu, agroindustri olahan ubi kayu belum banyak teridentifikasi sebaran dan potensinya sehingga perlu dilakukan pemetaan potensi dan perumusan alternatif strategi pengembangan agroindustri olahan ubi kayu di Kabupaten Wonogiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sebaran dan potensi industri olahan ubi kayu di tingkat kecamatan dan di tingkat kabupaten serta merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangannya di Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan teknik pelaksanaan survei. Lokasi penelitian adalah di Kabupaten Wonogiri. Metode analisis data yang digunakan adalah Metode Perbandingan Eksponensial (MPE), metode Borda, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Agroindustri olahan ubi kayu di Kabupaten Wonogiri tersebar di seluruh kecamatan. Keripik singkong adalah produk agroindustri olahan ubi kayu yang paling banyak diusahakan yaitu 24 dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri mengusahakan agroindustri keripik singkong. Produk olahan ubi kayu lainnya yang diusahakan oleh agroindustri olahan ubi kayu di Kabupaten Wonogiri adalah mocaf, tepung tapioka, tiwul instan, gethuk, utri, balthek, brownies, opak, romeo, tape, tiwul, chip mocaf, emping dan gathot. Urutan peringkat potensi agroindustri olahan ubi kayu di tingkat Kabupaten Wonogiri berturut-turut adalah keripik singkong, mocaf, tepung tapioka, tiwul instan, gethuk, utri, balthek, kue, opak, romeo, tape, tiwul, chip mocaf, emping dan gathot. Agroindustri olahan ubi kayu yang menempati peringkat pertama dalam urutan peringkat agroindustri olahan ubi kayu di tingkat Kabupaten Wonogiri adalah agroindustri keripik singkong. Peringkat pertama agroindustri keripik singkong tersebut didukung oleh proses produksi yang realtif mudah dan potensi pasar yang selalu meningkat setiap tahunnya. Alternatif strategi yang diperoleh berdasarkan matriks IE dan matriks SWOT antara lain meningkatkan volume produksi menggunakan teknologi modern, menambah variasi produk, mengadakan pameran promosi dan membuat website untuk melakukan promosi penjualan secara ekstensif guna memperluas pasar sasaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi pelaku agroindustri olahan ubi kayu di Kabupaten Wonogiri perlu mengadopsi teknologi moderen sesuai dengan kapasitas yang diinginkan untuk dapat meningkatkan produksi secara efisien. Hal ini bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap jumlah produksi. Pelaku agroindustri olahan ubi kayu di Kabupaten Wonogiri disarankan untuk membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang bertujuan untuk menentukan standar selama, sebelum dan sesudah proses produksi. Tujuannya untuk memperoleh standar kualitas produk yang sesuai dengan harapan. Pemerintah Kabupaten Wonogiri sebaiknya melakukan kerjasama dengan pelaku agroindustri olahan ubi kayu di Kabupaten Wonogiri dalam mempromosikan produk.

 

×
Penulis Utama : Arsyah Avikana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813024
Tahun : 2018
Judul : Pemetaan dan Strategi Pengembangan Agroindustri Olahan Ubi Kayu di Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian. Jur. Agribisnis-H0813024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agustono, M. Si.,
2. Wiwit Rahayu, S.P., M.P.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.