Penulis Utama : Khirma Kalimatus Sa’diah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114030
Tahun : 2018
Judul : Bab Pandameling Dhuwung Suatu Tinjauan Filologis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Daerah-C0114030-2018
Subyek : TINJAUAN FILOLOGIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana suntingan teks Bab Pandameling Dhuwung yang dipandang paling unggul atau paling dekat dengan aslinya sesuai dengan cara kerja Filologi (2) Bagaimana cara pembuatan keris.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menyajikan suntingan teks Bab Pandameling Dhuwung yang dipandang paling unggul atau paling dekat dengan aslinya sesuai dengan cara kerja filologi. (2) Mengungkapkan alat dan cara pembuatan keris dalam teks Bab Pandameling Dhuwung.
Bentuk penelitian naskah Bab Pandameling Dhuwung adalah penelitian Filologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka atau (library research). Data yang disajikan dalam penelitian berupa data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah naskah dan teks Bab Pandameling Dhuwung terdapat di Perpustakaan Radya Pustaka Surakarta dengan nomor katalog SMP RP RP 220. Data sekunder merupakan data pendukung dalam penelitian ini meliputi buku-buku mengenai alat dan pembuatan keris Bab Pandameling Dhuwung. Teknik pengumpulan data melalui tahap inventarisasi,   deskripsi, transliterasi, kritik teks, suntingan, terjemahan, cetak naskah, dan scan naskah
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cara kerja filologi. Metode suntingan teks yang digunakan adalah metode standar. Dilanjutkan dengan kajian isi yang terkandung di dalam naskah Bab Pandameling Dhuwung dengan data-data penunjang berupa buku-buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya yang berkaitan dengan objek penelitian ini
Simpulan dalam penelitian ini Naskah Bab Pandameling Dhuwung adalah (1) naskah tersimpan Museum Radya Pustaka Surakarta. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan ditemukan varian-varian diantaranya lakuna 4, hiperkorek 3, adisi 2, ditografi 1 , korup 6, interpolasi 12. Suntingan teks dilakukan dengan edisi standar atau biasa. Suntingan teks dengan pembetulan berdasarkan konteks kalimat dengan pertanggung jawaban secara ilmiah. (2)  naskah Bab Pandamlenig Dhuwung membahas tentang pembuatan keris mulai dari bahan, alat sampai sesaji yang akan dilakukan sebelum pembuatan keris kemudian dilanjutkan dengan pembuatan keris hingga terlahir sebuah senjata. Keris merupakan senjata tikam warisan budaya Jawa. Memiliki bermacam-macam filosofis dan unsur magis bagi masyarakat Jawa.

Kata kunci : Filologi, bab pandameling dhuwung, keris

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Sutarjo, M.Hum.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya