Penulis Utama : Inna Nur Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis tingkat kepuasan anggota sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan jasa pada KOSPIN Sarana Aneka Jasadi Batur, Ceper, Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200025-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kospin Sarana Aneka Jasa bergerak di bidang simpan pinjam yang mempunyai tujuan utama meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Sasaran yang ingin dicapai oleh Kospin adalah meningkatkan kualitas pelayanan jasa sehingga anggota dan masyarakat lebih puas karena kepercayaan serta kepuasan anggota dan masyarakat itu merupakan kekuatan bagi kelangsungan hidup Kospin.

Kualitas pelayanan jasa dan kepuasan anggota merupakan dua hal yang saling berkaitan. Semakin baik kualitas jasa yang diberikan oleh Kospin maka semakin besar kepuasan yang dirasakan oleh anggota. Untuk mencapai tingkat kepuasan tersebut, pihak Kospin perlu memperhatikan dimensi kualitas jasa yang seharusnya diberikan kepada anggota yaitu meliputi bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota terhadap kualitas pelayanan jasa Kospin dan dimensi kualitas jasa mana yang paling dominan memberikan kontribusi terhadap kepuasan anggota. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara kepada responden agar diketahui penilaian responden terhadap kinerja Kospin. Untuk mengukur tingkat kepuasan anggota dilakukan dengan cara membandingkan antara harapan anggota dengan kinerja Kospin. Dalam hal ini penulis menggunakan analisis deskriptif dan analisis tingkat kepentingan dan kinerja untuk mengetahui tingkat kesesuaian diantara kedua hal tersebut.

Dalam analisis data digambarkan pula tentang deskripsi identitas responden yang dijadikan sampel penelitian. Deskripsi ini terdiri dari karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, pendidikan terakhir dan pekerjaan. Kebanyakan responden berjenis kelamin laki-laki (77%), pendidikan terakhir SMU (40%) dan pekerjaannya adalah wiraswasta (77%). Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa 83% responden menilai semua atribut dalam dimensi kualitas pelayanan jasa adalah sangat penting dan kinerja Kospin dinilai baik, sedangkan hasil dari analisis tingkat kepentingan dan kinerja diketahui bahwa dimensi yang perlu dipertahankan prestasinya adalah dimensi keandalan, bukti fisik, ketanggapan dan jaminan. Dimensi yang masih perlu ditingkatkan kualitasnya adalah dimensi empati.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa semua atribut dimensi kualitas jasa dinilai penting dan kinerja Kospin dalam melayani anggotanya dinilai baik sehingga anggotapun merasa puas. Dimensi yang paling dominan memberikan kontribusi bagi kepuasan anggota adalah dimensi keandalan. Dimensi ini menunjukkan kepada anggota bahwa Kospin Sarana Aneka Jasa mampu memberikan pelayanan dengan keandalan yang dimilikinya.

Saran yang dapat diberikan penulis adalah pihak Kospin Sarana Aneka Jasa harus bisa mempertahankan kualitas pelayanan jasa yang dinilai baik oleh anggota. Selain itu diperlukan juga adanya evaluasi secara rutin terhadap faktor-faktor yang dianggap penting dan berpengaruh terhadap kepuasan anggota sehingga anggota ataupun nasabah lainnya merasa puas dengan pelayanan Kospin.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Salamah Wahyuni, SU
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis