Penulis Utama : Rimadani Santiningrum
NIM / NIP : K1213061
×

Penelitian ini berjuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai (1) gaya bahasa yang digunakan dalam Kumpulan Cerpen di Tubuh Tarra, dalam Rumah Pohon; (2) gaya bahasa yang paling dominan yang banyak digunakan dalam Kumpulan  Cerpen  di  Tubuh  Tarra,  dalam  Rahim  Pohon  (3)  nilai  pendidikan karakter yang terkandung dalam Kumpulan Cerpen di Tubuh Tarra, dalam Rumah Pohon;  (4)  relevansi  Kumpulan  Cerpen  di  Tubuh  Tarra,  dalam  Rahim  Pohon sebagai materi pembelajaran sastra.
Penelitian  ini  termasuk  penelitian  kualitatif  dengan  sumber  data  utama adalah Kumpulan Cerpen Di Tubuh Tara Dalam Rahim Pohon. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan teknik analisis mengalir. Terdapat empat komponen dalam teknik analisis mengalir, yakni: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyaajian data; dan (4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kumpulan cerpen Di Tubuh Tara Dalam Rahim Pohon ditinjau dari kajian stilistika dan nilai pendidikan karakter serta relevansinya dalam pembelajaran di SMA sebagai berikut: (1) gaya bahasa terdapat
35 data, yakni simile 5 data; metafora 3 data; personifikasi 6 data; alegori 2 data;
hiperbola 14 data; satire 1data; ironi 2 data; pleonase 1 data; periphrasis 1 data.
(2) Nilai pendidikan karakter terdapat 20 data, yakni peduli sosial 3 data; jujur 1; religius 2; tanggung jawab 2 data; rasa ingin tahu 1 data; gemar membaca 1 data; peduli lingkungan 2 data; cinta tanah air 1 data; menghargai prestasi 1 data; kerja keras 2 data; mandiri 1 data; semangat kebangsaan 1 data; kreatif 1 data; cinta damai 1 data. (3) Kumpulan cerpen Di Tubuh Tara Dalam Rahim Pohon merupakan salah satu kumpulan cerita pendek yang dapat dijadikan senagai materi ajar di sekolah. Karena di samping kumpulan cerita pendek tersebut memiliki gaya bahasa yang indah tetapi mudah dipahami, kumpulan cerita pendek tersebut juga memiliki tema yang berbeda dari satu karya dengan karya yang lainnya, serta sesuai dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, pembelajaran sastra, khususnya apresiasi cerita pendek di kelas X, XI, dan XII.

 

×
Penulis Utama : Rimadani Santiningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213061
Tahun : 2018
Judul : Kajian Gaya Bahasa Dan Pendidikan Karakter Dalam Kumpulan Cerpen Di Tubuh Tarra Dalam Rahim Pohon Serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Bahasa indonesia-K1213061-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Sri Hastuti, S.S., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.