Penulis Utama : Syurani Dwi Ayu Kuntari Firdaus
NIM / NIP : F1313100
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi praktik perataan laba pada bank umum konvensional di Indonesia. Variabel independen berupa mekanisme coorporate governance (proporsi dewan komisaris independen, proporsi dewan komisaris berpendidikan akuntansi dan jumlah rapat dewan komisaris). Selain itu, penelitian ini juga menguji pengaruh beberapa variabel kontrol, yaitu earnings before tax and provisions, dividend payout ratio, financing to deposit ratio, bank size, capital adequacy ratio dan GDP. Metode pengumpulan sampel adalah metode purposive sampling yang menghasilkan sampel 27 bank konvensional pada periode 2009-2016. Dalam penelitian ini, pengukuran income smoothing menggunakan metode Eckel. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 74,07?ri 27 bank umum konvensional di Indonesia melakukan pemerataan laba (income smoothing). Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa dewan komisaris berlatar pendidikan akuntansi dan jumlah rapat dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap pemerataan laba. Sebaliknya, dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik perataan laba.

Kata Kunci: Bank konvensional, income smoothing, proporsi dewan komisaris independen, proporsi dewan komisaris berpendidikan akuntansi dan jumlah rapat dewan komisaris

 

×
Penulis Utama : Syurani Dwi Ayu Kuntari Firdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1313100
Tahun : 2018
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba pada Bank Umum Konvensional di Indonesia (Studi Kasus pada Bank Umum Konvensional di Indonesia Tahun 2009-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Akuntansi- F1313100-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Kuncara Widagdo, SE., MBA.,Ph.D,CA,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.