Penulis Utama : Sriyono
NIM / NIP : T401208014
×

ABSTRAK
Penelitian ini  dilakukan  untuk menemukan  bukti empiris implementasi strategic management accounting (SMA) pada perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  Demikian pula, untuk  menemukan bukti empiris peran  SMA terhadap  kinerja perguruan  tinggi,  dan  peran mediasi  SMA pada hubungan faktor kontinjensi dan kinerja perguruan tinggi di DIY. Bukti empiris berkaitan penerapan SMA pada organisasi masih relatif terbatas, termasuk pada organisasi sektor publik di Indonesia. Beberapa regulasi pemerintah terkait perguruan tinggi dikeluarkan untuk mendorong setiap perguruan tinggi memiliki tingkat akreditasi yang baik. Namun terdapat fenomena menarik pada perguruan tinggi  di  Indonesia,  yaitu  jumlah  perguruan  tinggi  terakreditasi  relatif  masih sedikit.  Oleh  karena  itu,  penelitian  yang  berkaitan  penerapan  SMA  pada organisasi sektor publik di Indonesia khususnya pada perguruan tinggi swasta menarik untuk dilakukan.
Obyek penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta di DIY. Responden dalam penelitian ini adalah: pimpinan (pengelola) perguruan tinggi swasta di DIY. Teknik analisis data menggunakan SEM – PLS dengan Warppls 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA telah diterapkan oleh sebagian besar perguruan tinggi swasta di DIY. Hasil analisis menunjukkan bahwa tiga faktor kontinjensi yang DIGUNAKAN dalam penelitian ini, yaitu orientasi pasar, tipe strategi, dan ukuran organisasi, hanya orientasi pasar yang berpengaruh signifikan terhadap implementasi SMA pada perguruan tinggi swasta di DIY. Penelitian ini juga  menemukan  bahwa  orientasi  pasar  yang  dimediasi  implementasi  SMA
berpengaruh  signifikan  terhadap  kinerja  bidang  pembiayaan,  kinerja  bidang sarana prasarana, dan kinerja sistem informasi pada perguruan tinggi swasta di DIY, sedangkan tipe strategi dan ukuran organisasi tidak berpengaruh signifikan.

Kata   kunci:   Orientasi   Pasar,   Tipe   Strategi,   Ukuran   Organisasi,   Strategic
Management Accounting, Kinerja Organisasi

 

×
Penulis Utama : Sriyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T401208014
Tahun : 2018
Judul : Peran Strategic Management Accounting terhadap Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) (Studi Empiris PTS di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Doktor Ilmu Ekonomi - T401208014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.