Penulis Utama : Nastiti Dyah Palupi
NIM / NIP : K4314046
×

Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan model pembelajaran kolaboratif tipe think aloud pair problem solving  untuk meningkatkan keaktifan siswa low achievement.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pelaksanaan 3 siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan refleksi, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian difokuskan pada siswa Low Achievement (LA) kelas X IPA SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 9 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi untuk mengukur Behavioral Engagement (BE), angket untuk mengukur Psychological Engangement (PE) dan Cognitive Engagment (CE) dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Teknik triangulasi digunakan untuk menjaga kevalidan data.
Data yang diperoleh dari analisis lembar observasi keaktifan belajar siswa dengan menghitung rata-rata dari keseluruhan aspek yang diamati. Data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa setelah dilakukan penerapan strategi TAPPS pada materi ekosistem mengalami peningkatan Hasil ini terlihat dari rata-rata aspek Behavioral Engagement (BE),  yang mengalami peningkatan dari kegiatan Pratindakan, Siklus I, Siklus II dan Siklus III secara berurutan sebesar 20%, 32,8%, 44,5% dan 60%. Selain itu peningkatan juga terjadi pada aspek Psychological Engangement (PE) dan Cognitive Engagment (CE) dari kegiatan Pratindakan menuju Siklus III.

 

×
Penulis Utama : Nastiti Dyah Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314046
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Low Achievement di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Biologi-K4314032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd
2. Murni Ramli, S.P. M.Si, Ed.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.