Penulis Utama : ‘alimah Na’imah Etikasari
NIM / NIP : K7114196
×

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan model Group Investigation pada siswa kelas V SDN 02 Pulosari tahun ajaran 2017/2018. Siklus penelitian berlangsung dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan meliputi empat komponen: persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,, tes unjuk kerja  dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasi tindakan, dapat diketahui bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan presentase keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 02 Pulosari pada siklus I dan siklus II. Pada prasiklus , nilai rata-rata 56,88 dengan presentase ketuntasan 32%. Pada siklus I nilai rata-rata naik menjadi 72,02 dengan presentas ketuntasan 52%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,9 dengan presentase ketuntasan 84%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 02 Pulosari, kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar tajun ajaran 2017/2018

Kata kunci: Keterampilan berbicara, model pembelajaran Group Investigation  

 

×
Penulis Utama : ‘alimah Na’imah Etikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114196
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N 02 Pulosari Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114196-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kartono, M. Pd.,
2. Dra. Sularmi, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.